Alasan Mengapa Anjing Suka Mengejar Kucing

Inilah Alasan Mengapa Anjing Suka Mengejar Kucing

Apakah mereka bermusuhan?
Pepatah “Berkelahi bagaikan kucing dan anjing” mungkin diambil dari sini. Perkelahian kucing dan anjing selalu muncul di kartun-kartun dan buku anak-anak. Tapi benarkah mereka bermusuhan?
Anjing adalah hewan yang aktif dan suka bermain. Anjing suka mengejar, terutama yang kelihatannya asyik untuk dikejar. Mengejar sebenarnya adalah bentuk permainan bagi anjing. Namun yang dipikirkan anjing sangat berbeda dengan kucing. Kucing merasa terintimidasi oleh anjing yang badannya lebih besar, sehingga lebih merupakan ancaman daripada ajakan bermain. Sehingga naluri kucing pun menyuruhnya untuk kabur dari ancaman.

Berawal dari kesalahpahaman
Anjing yang menggerakkan ekornya menandakan sikapnya yang bersahabat. Namun bila kucing menggerakkan ekornya, tandanya ia marah. Anjing suka mengendus makhluk yang pertama ia kenal sebagai tanda salam. Tanda salam seperti ini membuat kucing ketakutan, selanjutnya ‘permainan’ pun dimulai tanpa henti. Anjing akan berhenti mengejar kucing apabila kucing memanjat pohon yang tak bisa ia raih.

Mangsa
Kucing punya alasan mengapa ia membenci anjing. Anjing adalah hewan pemburu. Mereka akan mengejar apa saja yang bererak termasuk kucing. Bahkan Induk anjing melatih anaknya berburu dengan kucing. Kucing adalah hewan yang gesit sehingga dapat menghindari cengkraman anjing. Hal ini membuat anjing semakin ‘gemas’ untuk mengejar kucing. Kejar-kejaran yang terus terjadi dalam satu lingkungan kecil akan menimbulkan anjing dan kucing bermusuhan seumur hidup.

Mengurangi perkelahian
Salah satu cara mengurangi perkelahian antara kucing dan anjing adalah sosialisasi terhadap anjing saat masih kecil. Sosialisasi menjadi sangat penting apabila anjing tersebut keturunan anjing liar. Riset membuktikan, anjing yang dididik kelakuannya akan lebih menyayangi hewan yang ukurannya lebih kecil. Pemilik kucing harus hati-hati jangan sampai ia ditinggal sendiri dengan anjing yang agresif. Bagi yang memelihara keduanya, waktu memberi makan harus dibedakan. Ini penting agar mereka tahu bahwa mereka diperlakukan adil, sehingga tak ada perkelahian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s